cara bikin miniatur bis

ALAT DAN BAHAN YANG HARUS DI PERSIAPKAN

Untuk bisa membuat miniatur bus, maka kita memerlukan beberapa alat dan bahan yang nanti akan kita gunakan dalam tahap pembuatan miniatur. Di antaranya adalah :
  • Lembaran Triplek
  • Stearoform atau Tropleks untuk membuat interior
  • Lem G
  • Dempul
  • Kawat (engsel pintu)
  • Cat (cat kayu atau pilox)
  • Cutter dan Gergaji pipa
  • Lampu LED
Oke, jika semua bahan sudah kita persiapkan. Langsung saja bisa kita mulai tahap-tahap pembuatannya.

TUTORIAL CARA MEMBUAT MINIATUR BUS DARI TRIPLEK BEKAS LAYAK PAKAI

Berkut ini adalah tahapan-tahapan yang harus di lakukan untuk membuat sebuah miniatur bus yang bagus, unik dan menarik sesuai dengan kreativitas.

PEMBUATAN SKETSA BUS

Kita awali dengan membuat sketsa bus pada sebuah kertas HVS, kita buat perbandingan ukuran sehingga ukuran antara gambar sketsa bus di HVS nanti bisa dengan mudah di buat di atas triplek. Dalam tahap ini kita harus berhati-hati karena desain awal sebuah miniatur bus yang akan kita buat akan mengacu pada sketsa ini.
sketsa miniatur bus dari triplek
Sketsa Miniatur Bus

POTONG TRIPLEK SESUAI POLA

Jadi jika di awal kita menggambarkan pola bus pada triplek, langkah selanjut kita harus memotong pola dengan bantuan gergaji besi atau bisa dengan cutter yang tajam. Akan tetapi karena sifat daripada triplek sendiri mudah retak alangkah baiknya jika dilakukan secara hati-hati.
Memotong Pola Bus
Memotong Pola Bus

MENYAMBUNGKAN POTONGAN POLA TRIPLEK DENGAN LEM

Penyambungan pola bisa kita lakukan dengan bantuan lem G atau biasa dikenal dengan sebutan lem Korea. Jadi setelah pola di buat maka kita susun pola tersebut menjadi sebuah miniatur bus seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini.
Menyambungkan potongan pola
Menyambungkan potongan pola
Apabila keseluruhan bagian pola sudah di susun dan direkatkan, sampai sini setidaknya kita sudah bisa membuat miniatur bus yang unik dan menarik. Tapi tentu saja tahapannya tidak sampai di sini, kita masih harus membuat aksesoris maupun menghias bus agar nampak lebih bagus.

PEMBERIAN DEMPUL AGAR SAMBUNGAN TERLIHAT HALUS

Biasanya apabila kita hanya merekatkannya dengan lem, maka hasilnya kurang terlihat halus. Nah, peran dempul di sini untuk membuat tepian-tepian bus nampak rapi dan juga untuk membuat tekstur dari tripleks yang kita gunakan menjadi rata dan halus.
Pemberian dempul pada bagian yang tidak rata
Pemberian dempul pada bagian yang tidak rata

TAHAP PENGECATAN BODY BUS

Untuk warna, kita sebaiknya memberikan warna dasar bus dengan warna putih. Kalian bisa menggunakan cat biasa yang disemprotkan ataupun cat pilox agar tripleksnya tertutup dengan cat secara merata.

MEMBUAT INTERIOR BUS

Untuk semakin mempercantik tampilan miniatur bus, maka kita juga bisa membuat macam-macam interior seperti dashbor kursi dan lain-lain.
Pembuatan Interior Bus
Pembuatan Interior Bus
Pemberian warna interior bisa dilakukan jika diperlukan, Misalnya memberi warna cokelat untuk interior kursi bagian dalam.
Pemasangan Kursi pada Bus
Pemasangan Kursi pada Bus

PEMASANGAN LAMPU LED MINIATUR BUS

Tahap ini diperlukan bantuan oleh orang yang ahli dalam kelistrikan karena komponen yang dipasang memerlukan daya listrik meskipun itu kecil.
Nah, pemasangan lampu LED di bagian depan BUS bisa dimulai jika sudah tersambung dengan kabel dan juga baterai.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

cara bikin miniatur truk

macam macam mobil sport

cara membuat kue rangi